Minggu, 26 Februari 2012

Bahasa Daerah, Semakin Hilang Tergerus Zaman

Sesuatu yang mulai menghilang ditelan arus zaman...
Bahasa merupakan identitas dari sebuah bangsa, bahasa juga dapat diartikan sebagai alat untuk berkomunikasi. Jadi fungsi bahasa sangatlah penting dalam kehidupan sehari-hari, adapun 2 bahasa yang kita kenal yaitu Bahasa Nasional (Bahasa Indonesia) dan Bahasa Daerah. Namun sangat disayangkan sebagian besar generasi muda mulai melupakan bahasa daerahnya yang merupakan bahasa ibu mereka, yang juga merupakan akar identitas diri.
Bahasa daerah pada zaman ini sudah tidak lagi dibanggakan di kalangan generasi saat ini khususnya remaja. Hal itu disebabkan karena adanya rasa gengsi, mereka malu bahkan tidak mau menggunakan bahasa daerahnya, dengan dalih dianggap “kampungan” dan tidak gaul.
Hal ini menyebabkan sedikit demi sedikit penggunaan bahasa daerah mulai terkikis bahkan hampir dilupakan sama sekali. Para remaja kini terkesan bangga menggunakan bahasa asing daripada bahasa daerahnya sendiri. Sangat ironis memang karena remaja kini lebih senang mempelajari bahasa asing ketimbang bahasa daerahnya sendiri.
Disini bukan dimaksudkan untuk melarang para remaja memperlajari bahasa asing, tapi sekiranya janganlah kita sebagai generasi melupakan bahasa daerah kita, alangkah baiknya jika keduanya bersinergi, hal tersebut juga dapat melestarikan budaya, bukan? _ayulita vierneufA_

Tidak ada komentar:

Posting Komentar