Senin, 27 Februari 2012

Ajengan (Makanan) Ring Bali



Di Indonesia, setiap daerah mempunyai kuliner kebanggaannya tersendiri. Termasuk juga di Bali. Pulau dewata ini bukan hanya dikenal karena obyek wisata dan keeksotikan pulaunya. Namun juga dikenal karena keberagaman kulinernya. Mulai dari jajan-jajanan seperti Pisang Rai, Klepon, Laklak. Minuman seperti es daluman, es kolek, loloh, dll. Bukan hanya jajanan dan minuman. Kuliner di Bali yang tak kalah terkenal dan sering dikatakan ciri khas  Bali adalah “Lawar”.
Berikut ini adalah contoh cara pembuatan beberapa kuliner tersebut :

Pisang Rai
Mungkin diantara kalian, jarang menemukan makanan yang bernama pisang rai. Karena saat ini kita sering disuguhkan dengan makanan cepat saji dengan gengsi yang lebih tinggi. Selain itu, jajanan tradisional juga dianggap kampungan. Dan kalah saing.
 Entah bagaimana anak tua pidan (orang tua Bali dulu) bisa menyebut makanan ini dengan nama Pisang Rai. Makanan yang sering ditemui di pasar-pasar tradisional ini sering dikonsumsi sebagai makanan sampingan, timpalne kopi (temennya kopi). Makanan tradisional ini sering juga dikonsumsi ketika ngayah di Pura.
Bahan & Proses pembuatan :
            Bahan :
1.      500 gr tepung beras,
2.      2 sdm air kapur sirih,
3.      200 gr parutan kelapa,
4.      20 buah pisang raja, potong serong 1 cm,
5.      Daun pisang secukupnya,
6.      Daun pandan secukupnya.
Cara Pembuatan :
1.      Didihkan air dan daun pandan,
2.      Ambil sebagian tepung beras, siram dengan air mendidih tadi hingga matang. Aduk-aduk lalu masukan sisa tepung sedikit demi sedikit hingga bisa dan tambahkan garam dan air kapur sirih,
3.      Celupkan pisang yang sudah dipotong serong 1 cm ke adonan satu per satu. Olesi dengan  daun pisang, kukus hingga matang, dan selanjutnya angkat.
4.      Sajikan dengan kelapa parut yang sudah diberi sedikit garam,
5.      Dan Pisang Rai siap disajikan.

Dyah_VierneufA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar